Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika

Hasan, Yulia (2019) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf] Text
1. FILE JUDUL_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf] Text
4. BAB I_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf] Text
5. BAB II_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf] Text
6. BAB III_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf] Text
7. BAB IV_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf] Text
8. BAB V_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190094_15416286206145_Yulia Hasan.pdf

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SDN Gombongsari tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kuantitatif yang melibatkan satu kelas yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Desaign, populasi penelitiannya adalah seluruh siswa SDN Gombongsari sample penelitianya adalah Kelas II sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data melalui soal pilihan ganda. Hasil analisis pada data pretest masih terdapat nilai yang rendah adalah 9 setelah dilakukan treatment pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe Make a Match. Hasil analisis pada posttest diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 10,82. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap keterampilan sosial siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh Model Cooperative Learning tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SDN Gombongsari.

Kata Kunci : Model Cooperative Learning tipe Make a Match, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 17 Dec 2024 08:53
Last Modified: 17 Dec 2024 08:53
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item
View Item