Saifunnisa, Irma (2019) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Pemahaman Sejarah Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Kelas V SD Negeri Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf [thumbnail of 1. COVER_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Download (726kB)
![2. ABSTRAK_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Download (588kB)
![4. BAB I_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf [thumbnail of 4. BAB I_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Download (622kB)
![5. BAB II_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf [thumbnail of 5. BAB II_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (670kB)
![6. BAB III_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf [thumbnail of 6. BAB III_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Download (724kB)
![7. BAB IV_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (665kB)
![8. BAB V_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf [thumbnail of 8. BAB V_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Download (577kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Download (576kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap pemahaman sejarah siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui soal tes pada mata pelajaran IPS. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic korelasi product moment. Hasil dari uji validitas soal tes siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh 20 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 30 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,72. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,84 > rtabel 0,361 dengan signifikans 0,05 dan n = 30 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap pemahaman sejarah siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata Kunci : Role Playing, Pemahaman Sejarah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 08:51 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 08:51 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/681 |