Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Pemahaman Sejarah Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Kelas V SD Negeri Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019)

Saifunnisa, Irma (2019) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Pemahaman Sejarah Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Kelas V SD Negeri Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf] Text
1. COVER_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf] Text
2. ABSTRAK_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf] Text
4. BAB I_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf] Text
5. BAB II_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf] Text
6. BAB III_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf] Text
7. BAB IV_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf] Text
8. BAB V_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190089_15416286206085_Irma Saifunnisa.pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap pemahaman sejarah siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui soal tes pada mata pelajaran IPS. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic korelasi product moment. Hasil dari uji validitas soal tes siswa pada mata pelajaran IPS diperoleh 20 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 30 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,72. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,84 > rtabel 0,361 dengan signifikans 0,05 dan n = 30 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap pemahaman sejarah siswa pada mata pelajaran IPS.

Kata Kunci : Role Playing, Pemahaman Sejarah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 17 Dec 2024 08:51
Last Modified: 17 Dec 2024 08:51
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item
View Item