Analisis kesulitan Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Sukamakmur I Telukjambe Timur Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019)

Hermawandi, Ilena (2019) Analisis kesulitan Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Sukamakmur I Telukjambe Timur Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf] Text
1. FILE JUDUL_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf] Text
2. ABSTRAK_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf] Text
4. BAB_I_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf] Text
5. BAB_II_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf] Text
6. BAB_III_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf] Text
7. BAB_IV_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf] Text
8. BAB_V_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_190082_15416286206138_Ilena Hermawandi.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa yang diamati melalui proses pembelajaran dan kemampuan vocabulary siswa sendiri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek utama penelitian adalah siswa dan subjek pendukung penelitian adalah guru Bahasa Inggris. Penentu sumber data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive yaitu dipilih dengan pertimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V di Sekolah Dasar Sukamakmur I Telukjambe Timur dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah kesulitan menulis vocabulary, membaca vocabulary dan memahami arti dari vocabulary Bahasa Inggris. Penyebab munculnya kesulitan belajar tersebut karena faktor internal dan eksternal. Faktor yang muncul dari diri siswa sendiri yaitu (1) Rendahnya kesadaran siswa untuk belajar dan mengikuti proses pembelajaran dengan focus, (2) Siswa belum memahami manfaat belajar bahasa Inggris sehingga beranggapan bahwa Bahwa Bahasa Inggris tidak terlalu penting. Faktor yang timbul dari lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah antara lain (1) Lingkungan keluarga dan masyarakat yang tergolong rendah dalam pendidikan (2) Lingkungan yang kurang mendukung siswa untuk belajar bahasa Inggris, Siswa hanya belajar bahasa Inggris di sekolah. (3) Sedangkan dari lingkungan sekolah, Guru kurang mempersiapkan pembelajaran sehingga kurang menarik, (4) Minimnya sarana belajar Bahasa Inggris di sekolah, (5) Guru tidak memakai alat peraga.

Kata kunci : Kesulitan belajar, vocabulary Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 17 Dec 2024 06:29
Last Modified: 17 Dec 2024 06:29
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item
View Item