"PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI TEGALSAWAH I (Studi eksperimen Kelas III, SDN Tegalsawah I, jalan manunggal VII desa tegalsawah Kec. Karawang Timur Kab. Karawang., Tahun Ajaran 2018/2019) "

Nadia, Mega (2019) "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI TEGALSAWAH I (Studi eksperimen Kelas III, SDN Tegalsawah I, jalan manunggal VII desa tegalsawah Kec. Karawang Timur Kab. Karawang., Tahun Ajaran 2018/2019) ". Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of 4. BAB I.pdf] Text
4. BAB I.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of 5. BAB II.pdf] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 6. BAB III.pdf] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7. BAB IV.pdf] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 8. BAB V.pdf] Text
8. BAB V.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number head together terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri Tegalsawah I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran number head together dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas III SDN Tegal Sawah I. Sampel penelitian ini adalah kelas III A sebagai kelas Eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sample random sampling yaitu untuk memilih kelas secara acak yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa kelas eksperimen “signifikan” dengan menggunakan model pembelajaran number head together diperoleh rata-rata 77. Sedangkan skor kelas kontrol menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata 67. Hasil uji-t diperoleh 0,04 < 0,05 maka ho ditolak. Hal ini menunjukkan model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III di SDN Tegal Sawah I.

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Number Head Together

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 16 Dec 2024 09:17
Last Modified: 16 Dec 2024 09:17
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item
View Item