Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Pemahaman IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Kabupaten KarawangTahun Pelajaran 2018/2019)

Nurhasan, Nurhasan (2019) Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Pemahaman IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Kabupaten KarawangTahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1.cover_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf] Text
1.cover_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf] Text
2.ABSTRAK_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of 4.BAB 1_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf] Text
4.BAB 1_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 5.BAB II_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf] Text
5.BAB II_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[thumbnail of 6.BAB III_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf] Text
6.BAB III_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf] Text
7. BAB IV_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[thumbnail of 8.BAB V_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf] Text
8.BAB V_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 10. daftar pustaka_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf] Text
10. daftar pustaka_190068_15416286206069_Nurhasan.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa pada pemahaman IPA sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Nagasari IV Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 420 orang siswa. Dengan mengambil sampel 10% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes tulis berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan Uji t melalui program SPSS Versi 16. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan hasil pemahaman IPA antara siswa yang menggunakan model quantum learning dengan yang tidak menggunakan model quantum learning. Hal ini diperoleh nilai t sebesar 7.462 dan nilai (sig.2-tailed) dengan uji-t independen samples test yaitu sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh model quqntum learning dengan pemahaman IPA siswa memiliki hubungan yang kuat.

Kata kunci :quantum learning, Pemahaman IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:13
Last Modified: 16 Dec 2024 06:13
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item
View Item