Ningrum, Dwika Wizias (2022) Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SDN Warungbambu I Tahun Pelajaran 2021-2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
01 Judul_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Download (684kB)
02 Abstrak_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Download (301kB)
03 Daftar Isi_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Download (227kB)
04 Bab I_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Download (177kB)
05 Bab II_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
06 Bab III_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Download (423kB)
07 Bab IV_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
08 Bab V_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Download (41kB)
09 Daftar Pustaka_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Download (174kB)
10 Artikel_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
11 Lampiran_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jolly phonics terhadap kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Karawang Wetan III dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang berjumlah 683 siswa. Dengan pengambilan sampel secara random sebanyak 38 siswa dari 2 kelas berbeda dan teknik pengumpulan data melalui rubrik penilaian kemampuan membaca permulaan. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil dari uji validitas rubrik penilaian kemampuan membaca permulaan dinyatakan valid dan layak di ujicobakan. Hasil dari uji normalitas kelompok eksperimen untuk nilai pre-test diperolah 0,057 dan nilai dari post-test diperoleh 0,50 dengan demikian signifikasi tersebut > 0,50. Untuk hasil uji homogenitas kelompok eksperimen dan kontrol memperoleh nilai 0,657 > 0,50. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang siginifikan antara penggunaan metode Jolly Phonics dengan metode konvensional terhadap kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Hal ini diperoleh nilai t-hitung 3,317 lebih besar dari nilai t-tabel 1,688 dengan siginifikansinnya 2-tailed 0,002 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha di terima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan metode Jolly Phinocs dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SDN Karawang Wetan III.
Kata kunci : Metode Jolly Phonics, kemampuan membaca permulaan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:59 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:59 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5266 |
