Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SDN Warungbambu I Tahun Pelajaran 2021-2022)

Ningrum, Dwika Wizias (2022) Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SDN Warungbambu I Tahun Pelajaran 2021-2022). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 01 Judul_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
01 Judul_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of 02 Abstrak_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
02 Abstrak_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 03 Daftar Isi_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
03 Daftar Isi_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 04 Bab I_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
04 Bab I_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 05 Bab II_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
05 Bab II_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of 06 Bab III_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
06 Bab III_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 07 Bab IV_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
07 Bab IV_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of 08 Bab V_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
08 Bab V_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 09 Daftar Pustaka_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
09 Daftar Pustaka_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 10 Artikel_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
10 Artikel_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[thumbnail of 11 Lampiran_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf] Text
11 Lampiran_220096_18416286206092_Dwika Wizias Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jolly phonics terhadap kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Karawang Wetan III dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang berjumlah 683 siswa. Dengan pengambilan sampel secara random sebanyak 38 siswa dari 2 kelas berbeda dan teknik pengumpulan data melalui rubrik penilaian kemampuan membaca permulaan. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil dari uji validitas rubrik penilaian kemampuan membaca permulaan dinyatakan valid dan layak di ujicobakan. Hasil dari uji normalitas kelompok eksperimen untuk nilai pre-test diperolah 0,057 dan nilai dari post-test diperoleh 0,50 dengan demikian signifikasi tersebut > 0,50. Untuk hasil uji homogenitas kelompok eksperimen dan kontrol memperoleh nilai 0,657 > 0,50. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang siginifikan antara penggunaan metode Jolly Phonics dengan metode konvensional terhadap kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Hal ini diperoleh nilai t-hitung 3,317 lebih besar dari nilai t-tabel 1,688 dengan siginifikansinnya 2-tailed 0,002 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha di terima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan metode Jolly Phinocs dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SDN Karawang Wetan III.

Kata kunci : Metode Jolly Phonics, kemampuan membaca permulaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:59
Last Modified: 10 Nov 2025 03:59
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item
View Item