Analisis Biaya Promosi Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Djava Wedding Karawang

Wahyuni, Desi Tri (2024) Analisis Biaya Promosi Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Djava Wedding Karawang. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5 (11). ISSN 2747-0490

[thumbnail of 1. Cover_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf] Text
1. Cover_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf

Download (937kB)
[thumbnail of 2. Daftar Isi_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf] Text
2. Daftar Isi_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 3. Artikel_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf] Text
3. Artikel_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[thumbnail of 4. Daftar Pustaka_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf] Text
4. Daftar Pustaka_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 5. Lampiran_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf] Text
5. Lampiran_240126_20416261201426_Desi Tri Wahyuni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi dapat meningkatkan pendapatan, karena dari kegiatan ini konsumen dapat mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Tingkat pendapatan yang diprediksi meningkat seiring dengan jumlah biaya yang dikeluarkan. Wedding organizer adalah jasa yang menyediakan layanan untuk membantu calon pengantin dalam memenuhi kebutuhan pernikahan mereka sesuai dengan tema yang telah dipilih oleh calon pengantin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya yang dikeluarkan untuk promosi, pendapatan yang didapat serta kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan pada Djava Wedding Karawang. Populasi dalam penelitian ini data laporan keuangan Djava Wedding Karawang selama 5 tahun yaitu 2018 – 2022, sehingga sampel yang digunakan yaitu biaya promosi dan pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya biaya promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan terbesar pada kegiatan Expo Wedding sebesar Rp. 25.000.000 sedangkan yang terkecil pada kegiatan model make – up sebesar Rp. 300.000. Pendapatan yang didapat perusahaan mengalami fluktuasi karena kegiatan promosi yang dilakukan oleh Djava Wedding Karawang yaitu melalui Wedding Expo tersebut yang dapat meningkatkan pendapatan sebesar 11.11% bernilai Rp. 277.980.000 dari pendapatan promosi dan Rp. 13.899.000 dari booking.

Kata kunci : Biaya Promosi, Pendapatan, Wedding Organizer

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:58
Last Modified: 07 Nov 2025 01:58
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item
View Item