Lestari, Tiara Dwi (2023) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 5 Karawang Untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Peserta Didik (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
01 JUDUL_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Download (272kB)
02 ABSTRAK_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Download (222kB)
03 DAFTAR ISI_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Download (418kB)
04 BAB I_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Download (460kB)
05 BAB II_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
06 BAB III_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Download (583kB)
07 BAB IV_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
08 BAB V_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Download (231kB)
09 DAFTAR PUSTAKA_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Download (229kB)
10 ARTIKEL_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (692kB)
11 LAMPIRAN_230016_19416287205018_Tiara Dwi Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini meneliti permasalahan kurangnya perencanaan yang matang dalam P5, dan kurangnya kesadaran moral peserta didik. Berdasarkan temuan yang telah diteliti proyek P5 kurangnya sosialisasi yang akan direncanakan sehingga tidak efektif dan kurangnya evaluasi yang dapat diidentifikasi permasalahan yang timbul. Sedangkan peserta didik belum memahami pentingnya kesadaran moral dan nilai-nilai pancasila dalam kaitannya dengan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk meningkatkan kessadaran moral peserta didik di SMA Negeri 5 Karawang yang terdapat di Jl. Jendral Ahmad Yani No.10, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sehingga penelitian ini menunjukan bahwa adanya kemungkinan peningkatan kesadaran moral pada peserta didik dan pengembangan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila melalui pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi hingga mendapatkan data yang valid. Teknk analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dengan demikian, hasil implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran moral peserta didik dan mengembangkan karakter yang sesuai dengan dengan nilai-nilai pancasila. Proyek ini dapat dijadikan sebagai model bagi kurikulum pembelajaran untuk pembentukan karakter pada peserta didik. Pelaksanaan Projek P5 tersebut terdapat konsep pembelajaran secara holistic, kontekstual, eksploratif dan mandiri. Sehingga memerlukan sikap kepedulian, tanggung jawab, serta kejujuran yang selaras dengan penerapan kesadaran moral dalam pelaksanaan projek P5.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Projek P5, Profil Pelajar Pancasila, Kesadaran Moral
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 01:48 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 01:48 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5107 |
