Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di MI Tarbiyatul Islam 01 ( Studi eksperimenpada siswa kelas v MI Tarbiyatul Islam 01 Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi Tahun pelajaran 2020/2021 )

Arumsari, Arumsari (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di MI Tarbiyatul Islam 01 ( Studi eksperimenpada siswa kelas v MI Tarbiyatul Islam 01 Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi Tahun pelajaran 2020/2021 ). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
1. File Judul_230103_16416286206074_Arumsari.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
2. File Abstrak_230103_16416286206074_Arumsari.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
3. Daftar Isi_230103_16416286206074_Arumsari.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
4. BAB_I_230103_16416286206074_Arumsari.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
5. BAB_II_230103_16416286206074_Arumsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
6. BAB_III_230103_16416286206074_Arumsari.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
7. BAB_IV_230103_16416286206074_Arumsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
8. BAB_V_230103_16416286206074_Arumsari.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_230103_16416286206074_Arumsari.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
10. Lampiran_230103_16416286206074_Arumsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of 11. Artikel_230103_16416286206074_Arumsari.pdf] Text
11. Artikel_230103_16416286206074_Arumsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar kelas V di MI Tarbiyatul Islam 01 Kecamatan Kedungwaringin. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan jenis Eksperimental Designs (nondesigns) dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design dalam desain ini terdapat pretest (sebelum diberi perlakukan) dan posttest (setelah diberikan perlakuan) dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data dan instrument dalam penelitian ini menggunkan soal esai. Hasil dari uji validitas pada 5 soal butir esai. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terdapat kemampuan berpikir kreatif sisiwa kurang efektif terhadap hasil belajar siswa di kelas V MI Tarbiyatul Islam 01.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kemempuan Berpikir Kreatif Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:38
Last Modified: 07 Nov 2025 01:38
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5079

Actions (login required)

View Item
View Item