Azizah, Ummul (2024) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sule Tailor Karawang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6 (9). ISSN 2656-4351
01 Judul_240058_20416261201384_Ummul Azizah.pdf
Download (552kB)
02 Daftar Isi_240058_20416261201384_Ummul Azizah.pdf
Download (55kB)
03 Artikel_240058_20416261201384_Ummul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
04 Daftar Pustaka_240058_20416261201384_Ummul Azizah.pdf
Download (115kB)
05 Lampiran_240058_20416261201384_Ummul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh dari Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Sule Tailor. Evaluasi pada data pelanggan dan produksi selama tiga bulan belakangan ini mengindikasikan penurunan, memicu perlunya investigasi yang lebih intensif terhadap elemen-elemen yang berkontribusi pada kepuasan pelanggan. Dalam konteks ini, pentingnya pemahaman yang lebih komprehensif terkait dengan manajemen pemasaran, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan menjadi fokus. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif deskriptif verifikatif untuk memverifikasi hipotesis yang menyangkut pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan pelayanan, bersamaan dengan tingkat kepuasan konsumen, mencatat nilai Cronbach’s Alpha yang melampaui standar industri, menandakan bahwa alat pengukuran yang digunakan memiliki tingkat keandalan yang tinggi. Distribusi data awalnya tidak normal; namun, setelah penyesuaian terhadap nilai-nilai ekstrem, distribusi menjadi normal. Tidak ditemukan bukti yang menunjukkan adanya korelasi berlebih antara variabel Kualitas Produk dengan variabel Kualitas Pelayanan. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa baik Kualitas Produk maupun Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan koefisien determinasi, dapat dijelaskan bahwa sekitar 37,5% dari variasi dalam Kepuasan Pelanggan disebabkan oleh variabel Kualitas Produk dan Pelayanan. Melalui pengujian menggunakan Uji F dan Uji T, terkonfirmasi bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas pelayanan, Kepuasan Pelanggan
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:39 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:39 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4995 |
