Pengaruh Online Customer Review dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan E-Trust Sebagai Vaiabel Intervening Pada Shopee Live

Sudrajat, Putri Alviyana Dewi (2024) Pengaruh Online Customer Review dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan E-Trust Sebagai Vaiabel Intervening Pada Shopee Live. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5 (2). ISSN 2715-792X

[thumbnail of Cover Judul_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf] Text
Cover Judul_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of Daftar isi_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf] Text
Daftar isi_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of Artikel utama_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf] Text
Artikel utama_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf] Text
Daftar Pustaka_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of Lampiran_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf] Text
Lampiran_240045_20416261201011_Putri Alviyana Dewi Sudrajat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Online customer review berpengaruh terhadap E-Trust, mengetahui Kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap E-Trust, mengetahui E-Trust memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, mengetahui Online customer review memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui E-Trust sebagai variabel intervening, dan mengetahui Kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap Keputusan pembelian melalui E-Trust sebagai variabel intervening. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 180 responden melalui google form, dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis jalur dengan bantuan aplikasi smartpls 3.0 Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan shopee live IKIACES yang berjumlah 180. Hasil penelitian yang didapatkan pengaruh langsung online customer review terhadap e-trust berpengaruh positif dan signifikan begitu pula pengaruh langsung kualitas informasi terhadap e-trust berpengaruh positif dan signifikan. Pengaruh e-trust terhadap keputusan pembelian juga berpengaruh positif dan signifikan. adapun hasil penelitian untuk variabel e-trust sebagai intervening dalam penelitian ini mampu menjadi mediasi sehingga dapat memperkuat pengaruh online customer review (X1) dan Kualitas informasi (X2) yang merupakan variabel independen terhadap keputusan pembelian sebagai variabel dependen.

Kata Kunci : E-trust, Keputusan Pembelian, Kualitas Informasi, Online Customer Review, Shopee Live

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:34
Last Modified: 06 Nov 2025 08:34
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4970

Actions (login required)

View Item
View Item