Pengaruh Citra Tubuh Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Skincare Pada Mahasiswa di Karawang

Karomi, Aghnia (2024) Pengaruh Citra Tubuh Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Skincare Pada Mahasiswa di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
1. File Judul_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
2. File Abstrak_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
3. Daftar Isi_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4. BAB I_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
4. BAB I_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 5. BAB II_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
5. BAB II_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of 6. BAB III_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
6. BAB III_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
7. BAB IV_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of 8. BAB V_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
8. BAB V_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
10. Lampiran_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 11. Artikel_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf] Text
11. Artikel_240020_20416273201069_Aghnia Karomi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan peringkat kedua terbesar di dunia dalam penggunaan produk skincare dan mahasiswa merupakan salah satu target pemasarannya. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok masyarakat yang cenderung berorientasi konsumtif dan senang mencoba hal-hal baru. Agar tampil menarik di lingkungan sosial, mahasiswa seringkali membeli produk yang dapat menunjang penampilannya seperti pakaian, asesoris, dan kosmetik termasuk skincare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra tubuh terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian produk skincare pada mahasiswa di Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Menggunakan dua skala psikologi yaitu skala perilaku konsumtif dengan total 16 aitem dan skala citra tubuh dengan total 28 aitem. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik sampling kuota, sehingga total responden yang didapatkan adalah sebanyak 226 responden. Hasil penelitian ini mendapatkan nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh citra tubuh terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian produk skincare pada mahasiswa di Karawang. Adapun besaran pengaruh citra tubuh terhadap perilaku konsumtif yaitu sebesar 35%, sedangkan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: perilaku konsumtif, citra tubuh, skincare, mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:40
Last Modified: 27 Oct 2025 02:40
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item
View Item