Nabila, Putri (2024) Pengaruh Efikasi Diri Akademik Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Pekerja Universitas Buana Perjuangan Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Download (593kB)
2. File Abstrak_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Download (53kB)
3. Daftar Isi_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Download (170kB)
4. BAB I_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Download (212kB)
5. BAB II_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
6. BAB III_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Download (864kB)
7. BAB IV_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (574kB)
8. BAB V_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Download (41kB)
9. Daftar Pustaka_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Download (179kB)
10. Lampiran_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240016_20416273201184_Putri Nabila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (498kB)
Abstract
Mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja akan mengalami kelelahan ketika pembelajaran dikampus, hal tersebut tanpa disadari dapat menimbulkan gejala academic burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik terhadap academic burnout pada mahasiswa pekerja di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausal-komparatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling melalui teknik snowball sampling yang memperoleh sebanyak 260 responden. Pengambilan data menggunakan instrumen jenis likert yaitu skala MBI-SS (Maslach Burnout Inventory-Student Survey) yang dikembangkan oleh Schaufeli dkk. kemudian adopsi oleh peneliti dan skala ASE (Academic Self-Efficacy) yang dikembangkan oleh Zajacova dkk. kemudian diadopsi oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh efikasi diri akademik terhadap academic burnout pada mahasiswa pekerja Universitas Buana Perjuangan Karawang. Hasil uji determinasi dapat diketahui bahwa nilai R square sebesar 0,940 atau 94%, maka besaran pengaruh antara variabel efikasi diri akademik terhadap variabel academic burnout sebesar 94%, sedangkan sisanya 6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti oleh peneliti pada penelitian ini.
Kata Kunci: Academic Burnout, Efikasi Diri Akademik, Mahasiswa Pekerja, Universitas Buana Perjuangan Karawang
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:38 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:38 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4666 |
