Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Wadas II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019

Utari, Nicky Wira (2019) Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Wadas II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf] Text
1. FILE JUDUL_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf] Text
4. BAB_I_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf] Text
5. BAB_II_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf] Text
6. BAB_III_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf] Text
7. BAB_IV_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf] Text
8. BAB_V_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190058_15416286206102_Nicky Wira Utari.pdf

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN Wadas II Kecamatn Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Wadas II dengan sampel 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan yakni perhitungan statistik. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan antara metode discovery learning dengah hasil belajar IPA. Hal ini diperoleh (thitung = 5,638 > ttabel = 2,000) dengan signifikansi 0,05 dan n = 60 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan metode discovery learning.

Kata kunci: Metode discovery learning, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 12 Dec 2024 06:17
Last Modified: 12 Dec 2024 06:17
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item
View Item