Permatatika, Meidy (2024) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Civic Disposition Generasi Z. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Download (475kB)
2. File Abstrak_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Download (238kB)
3. Daftar Isi_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Download (228kB)
4. BAB I_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Download (311kB)
5. BAB II_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
6. BAB III_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Download (310kB)
7. BAB IV_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB V_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Download (42kB)
9. Daftar Pustaka_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Download (248kB)
10. Lampiran_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
11. Artikel_240024_20416287205048_Meidy Permatatika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (632kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar kurangnya sikap civic disposition mengenai sikap kedisiplinan dan sikap ketaatan generasi Z di SMP 5 Karawang Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan terhadap pembentukan civic disposition generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 429 dengan jumlah sampel 203 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tahap uji normalitas, uji homogenitas, dan uji regresi linear sederhana. Tahapan uji hipotesis yaitu melalui uji koefisien determinasi, uji T dan uji F. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan terhadap pembentukan civic disposition generasi Z, (thitung = 13,974 > ttabel = 1,970, dengan nilai signifikansi = < 0,001 < nilai alpha = 0,05), jadi Hα diterima, Ho ditolak, presentase tingkat pengaruh sebesar 31,5%. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu, diharapkan guru saat proses pembelajaran tidak hanya fokus kepada pencapaian kompetensi saja, tetapi pada terwujudnya nilai dan sikap dari pembelajaran yang berlangsung dengan mengamalkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan norma-norma yang berlaku peserta didik diharapkan untuk selalu memperhatikan guru ketika menjelaskan materi pembelajaran agar dapat memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung dari materi pembelajaran, dan dapat mengamalkannya di kehidupan sehari-hari untuk pembentukan civic disposition.
Kata kunci: pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, civic disposition, generasi Z.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:22 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:22 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4625 |
