Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pembentukan Participatory Skills Siswa Pada Mata Pelajan Pendidikan Pancasila

Sulastri, Nina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pembentukan Participatory Skills Siswa Pada Mata Pelajan Pendidikan Pancasila. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
1. File Judul_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
2. File Abstrak_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
3. Daftar Isi_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 4. BAB I_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
4. BAB I_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 5. BAB II_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
5. BAB II_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of 6. BAB III_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
6. BAB III_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
7. BAB IV_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 8. BAB V_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
8. BAB V_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka _240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
9. Daftar Pustaka _240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
10. Lampiran_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. Artikel_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf] Text
11. Artikel_240022_20416287205052_Nina Sulastri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pembentukan participatory skill siswa. penelitian memanfaatkan penggunaan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi ekperimen, dimana menggunakan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan ekperimen. Penelitian ini bertempat di SMPN 2 TelukJambe Timur pada kelas VII, dimana kelas D sebagai kelas eksperimen dan kelas F sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dari hasil preetest dan posttest saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji deskriptif, uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji T independen sample test dan regresi sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan hasil pengujian hipotesis menyatakan nilai rata-rata kelas ekperimen sebesar 79,19 dan kelas kontrol sebesar 63,57, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 .Tidak hanya itu adapun hasil hipotesis dari pengujian skala sikap dengan hasil signifikansi 0,001. Tingkatan pengaruh mencapai 6,45% dipengaruhi oleh model pembelajaran inkuiri yang diterapakan dalam kelas, sebagian dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti teman sekelompok atau sekelas dan keadaan kelas. Adapun penggunaan skala sikap dengan menyebarkan pada 84 responden dari kedua kelas, dengan pengujian yang sama dengan hasil pada kelas ekperimen 80,30 dan pada kelas kontrol 75,00. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran dapat diimplementasikan dalam setiap pembelajaran agar pembelajaran dapat sesuai tujuan pembelajaran dan adanya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Participatory Skill

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:22
Last Modified: 22 Oct 2025 07:22
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item
View Item