Kurniawan, Leni Oktryfiani (2024) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Kesadaran Sosial Siswa. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Download (612kB)
2. File Abstrak_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Download (319kB)
3. Daftar Isi_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Download (217kB)
4. BAB I_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Download (420kB)
5. BAB II_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (630kB)
6. BAB III_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Download (844kB)
7. BAB IV_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (692kB)
8. BAB V_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Download (226kB)
9. Daftar Pustaka_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Download (491kB)
10. Lampiran_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
11. Lampiran_240021_20416287205032_Leni Oktryfiani Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kesadaran sosial siswa, besarnya pengaruh tersebut, dan perbedaan kesadaran sosial siswa antara yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Majalaya Karawang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 520 siswa yang tersebar dalam 13 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu, bukan secara acak dan sampel pada penelitian ini terpilih 2 kelas yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui skala kesadaran sosial yang berupa 25 pernyataan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan SPSS 26 pada perhitungan statistik paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian, (1) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kesadaran sosial siswa dengan nilai output paired sample t-test memperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. (2) Besar pengaruh penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap kesadaran sosial siswa adalah pada kelas ekperimen, terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 89,98 menjadi 120,60, atau sebesar 30,62. Pada kelas kontrol, peningkatan terjadi dari 84,48 menjadi 112,03, atau sebesar 27,55. Hasil ini menunjukkan peningkatan kesadaran sosial siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. (3) Kesadaran sosial siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan media pembelajaran aplikasi TikTok pada materi patuh terhadap norma diterapkan dengan baik, sehingga tingkat kesadaran sosial siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil rata-rata dari data posttest dan output independent sample t-test dengan nilai Sig. 0,000. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan untuk penerapan media pembelajaran yang tepat di sekolah.
Kata Kunci: Aplikasi TikTok, Media Pembelajaran, Pendidikan Pancasila, Kesadaran Sosial.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:21 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:21 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4621 |
