Syabani, Muhammad Jelang Fajar (2024) Upaya Guru Kelas Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas C di SD (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas V SDN Pasirtalaga II Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Download (517kB)
2. File Abstrak_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Download (50kB)
3. Daftar Isi_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Download (50kB)
4. BAB I_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Download (283kB)
5. BAB II_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB)
6. BAB III_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Download (323kB)
7. BAB IV_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
8. BAB V_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Download (44kB)
9. Daftar Pustaka_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Download (178kB)
10. Lampiran_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (703kB)
11. Artikel_240076_19416286206084_Muhammad Jelang Fajar Syabani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan siswa kelas V SDN Pasirtalaga II Telagasari Karawang. Serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru kelas dalam mengatasi kenakalan siswa kelas V SDN Pasirtalaga II Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas IV,V,VI di SDN Pasirtalaga II Kec. Telagasari. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di SD kelas V di SDN Pasirtalaga II dapat diambil kesimpulan. Meskipun setiap guru memiliki pendekatan yang sedikit berbeda dalam mengatasi kenakalan siswa, mereka semua berfokus pada pendekatan yang proaktif, komunikasi, pembinaan hubungan yang baik, dan penerapan aturan yang adil. Tujuannya adalah membantu siswa memahami konsekuensi perilaku mereka, membangun tanggung jawab pribadi, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk semua siswa. Semua guru yang diwawancarai menekankan pentingnya pendekatan yang proaktif, komunikasi, pemahaman siswa, pembinaan hubungan yang baik, penerapan aturan yang adil, dan penggunaan pendekatan yang beragam dalam mengatasi kenakalan siswa.
Kata Kunci : Upaya guru, Kenakalan siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:20 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:20 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4601 |
