Iqbal, Muhammad (2024) Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas IV (Studi Kasus Kesulitan Siswa Menulis Karangan di SDN Talagamulya Telagasari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Download (846kB)
2. File Abstrak_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Download (225kB)
3. Daftar Isi_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Download (244kB)
4. BAB I_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Download (74kB)
5. BAB II_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
6. BAB III_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Download (90kB)
7. BAB IV_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
8. BAB V_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Download (47kB)
9. Daftar Pustaka_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Download (154kB)
10. Lampiran_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (919kB)
11. Artikel_240074_20416286206121_Muhammad Iqbal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada tantangan yang dihadapi oleh siswa kelas IV dalam menulis karangan di SDN Talagamulya. Menulis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berfungsi sebagai alat komunikasi, ekspresi budaya, dan pengembangan akademik. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis karena berbagai faktor seperti keterbatasan pemahaman tentang struktur narasi, kurangnya kreativitas, kurangnya latihan, dan tahap perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan dalam menulis karangan dan faktor-faktor yang mendasari yang berkontribusi terhadap tantangan-tantangan ini. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi metode yang digunakan oleh para guru untuk mengatasi masalah- masalah tersebut dan meningkatkan kemampuan menulis siswa. Melalui pengamatan dan wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa kurangnya metode pengajaran yang menarik dan kurangnya contoh yang memadai berkontribusi terhadap kesulitan siswa. Studi ini menyarankan latihan menulis secara teratur dan strategi pengajaran yang inovatif sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa, yang pada akhirnya akan menumbuhkan lingkungan belajar yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan literasi secara keseluruhan.
Kata Kunci : Kesulitan, Menulis Karangan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:20 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:20 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4599 |
