Irnawati, Siti Ina (2024) Implementasi Metode Literasi Terhadap Masalah Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD (Studi Korelasional Pada Siswa Kelas III SDN Belendung 2 Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Download (184kB)
2. File Abstrak_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Download (40kB)
3. Daftar Isi_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Download (47kB)
4. BAB I_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Download (151kB)
5. BAB II_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
6. BAB III_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Download (47kB)
7. BAB IV_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
8. BAB V_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Download (37kB)
9. Daftar Pustaka_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Download (262kB)
10. Lampiran_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (683kB)
11. Artikel_240071_20416286206030_Siti Ina Irnawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (742kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode literasi terhadap masalah pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode literasi terhadap masalah pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III di SDN Belendung 2 Tahun Pelajaran 2023/2024. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi Teknik/metode dan triangulasi sumber sedangkan analisis data menggunakan beberapa tahapan yang dilakukan peneliti yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan implementasi metode literasi sekolah terhadap masalah pembelajaran Bahasa Indonesia telah dilaksanakan dengan tiga tahapan ialah pembiasaan dengan menumbuhkan kebiasaan 10-15 menit membaca siswa, pengembangan yaitu mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan dengan siswa membuat suatu karya, dan pembelajaran yaitu kegiatan literasi yang diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menyesuaikan tema serta materi. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pengimplementasian metode literasi terhadap masalah pembelajaran Bahasa Indonesia antara lain kesesuaian materi dengan prinsip metode literasi yaitu kemampuan membaca dan menulis, respon positif dari siswa. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu durasi waktu yang terbatas, koleksi buku sedikit, tidak semua siswa gemar membaca, terdapat siswa dengan kemampuan membaca kurang lancar.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Literasi, Bahasa Indonesia
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:20 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:20 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4596 |
