Riyadi, Ahmad Rifky (2024) Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar IPAS (Studi Eksperimen Kuantitatif Pada Siswa Kela V SDN Karyasari IV Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Download (310kB)
2. File Abstrak_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Download (47kB)
3. Daftar Isi_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Download (251kB)
4. BAB I_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Download (261kB)
5. BAB II_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (490kB)
6. BAB III_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Download (571kB)
7. BAB IV_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB)
8. BAB V_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Download (43kB)
9. Daftar Pustaka_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Download (271kB)
10. Lampiran_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
11. Artikel_240059_20416286206135_Ahmad Rifky Riyadi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS yang disebabkan oleh pembelajaran yang kurang inovatif, metode yang digunakan seperti ceramah yang membosankan dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi berbasis canva terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V di SDN Karyasari IV, Kabupaten Karawang, tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen kelompok tunggal. Data yang diperoleh pada penelitian ini dilakukan dengan pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa dengan instrumen tes berupa pilihan ganda. Sampel pada penelitian ini adalah 49 siswa. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Media Video Animasi Berbasis Cava. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menentukan signifikansi perbedaan hasil belajar. Hasil anaslis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPAS setelah diterapkannya media video animasi berbasis canva. Nilai rata-rata hasil belajar IPAS meningkat dari 52,2 pada pretest menjadi 77,94 pada posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis nol ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan media Video animasi berbasis canva memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Canva, Hasil Belajar IPAS
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:19 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:19 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4584 |
