Dewi, Putri Citra (2024) Analisis Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Cipayung 01 Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul _240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Download (754kB)
2. File Abstrak_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Download (39kB)
3. Daftar Isi_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Download (40kB)
4. BAB_I_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Download (144kB)
5. BAB_II_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (423kB)
6. BAB_III_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Download (62kB)
7. BAB_IV_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
8. BAB_V_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Download (39kB)
9. Daftar Pustaka_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Download (159kB)
10. Lampiran_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (907kB)
11. Artikel_240046_20416286206080_Putri Citra Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (543kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat penerapan sikap sosial siswa pada pembelajaran IPAS dalam kurikulum merdeka disekolah dasar dan untuk mengetahui solusi yang diterapkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan 1 guru wali kelas. Dengan sampel 5 orang siswa dan 1 orang guru kelas IV. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari observasi dan juga wawancara dengan siswa dan juga guru didapatkan bahwa faktor yang menghambat penerapan sikap sosial siswa ada faktor internal dan juga eksternal, faktor internal atau faktor dari dalam diri siswa salah satunya adalah kurangnya kepercayaan diri. Sedangkan faktor eksternal atau faktor dari luar adalah pertemanan dan kurangnya perhatian orang tua. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelas, hal tersebut bisa membuat siswa lebih banyak berinteraksi dengan teman sekelasnya dan juga dengan bersosialisasi dengan orang tua agar bekerja sama dalam memperhatikan sikap sosial siswa agar lebih positif lagi kedepannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas IV sudah memiliki sikap sosial yang bagus, walau masih banyak yang harus diperhatikan oleh guru dan juga orang tua.
Kata kunci : Sikap Sosial, Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:18 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:18 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4570 |
