Widiasari, Silvi (2024) pengaruh Media Videoscribe Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Kuantitatif di Kelas IV SDN Pasirtalaga II Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Download (449kB)
2. File Abstrak_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Download (47kB)
3. Daftar Isi_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Download (160kB)
4. BAB_I_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Download (88kB)
5. BAB_II_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (701kB)
6. BAB_III_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Download (609kB)
7. BAB_IV_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (361kB)
8. BAB_V_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Download (137kB)
9. Daftar Pustaka_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Download (269kB)
10. Lampiran_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
11. Artikel_240031_2041626206064_Silvi Widiasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (839kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh penggunaan media VideoScribe terhadap kemampuan numerasi siswa di sekolah dasar pada pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Pasirtalaga II Desa Pasirtalaga Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Exsperimen dengan tipe One-Grup Pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN Pasirtalaga II yang berjumlah
388 siswa tahun pelajaran 2024/2025 dengan teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling sehingga sample didapatkan dari kelas IV berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa soal pretest dan posttest, sebelum diuji kesesuaiannya telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas. Dari 8 soal yang diujikan, dihasilkan 6 soal valid. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus paired sample test pada software SPSS versi 24.0 for windows sehingga diperoleh nilai sig (2-tailed) pada pertanyaan yaitu 0,000 karena nilai signifikan adalah 0,000
< 0,05. Ha diterima dan Ho ditolak diterima. Artinya dari hasil uji hipotesis terdapat pengaruh media VideoScribe terhadap kemampuan numerasi siswa di sekolah dasar antara hasil pretest dan posttest.
Kata Kunci : Media VideoScribe, kemampuan numerasi siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4555 |
