Juhwa, Wafa Ummul (2024) Pengaruh Media Lectora Inspire Terhadap Kemampuan Numerasi di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V MI Al-Istianah Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Download (619kB)
2. File Abstrak_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Download (563kB)
3. Daftar Isi_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Download (479kB)
4. BAB_I_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Download (583kB)
5. BAB_II_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (900kB)
6. BAB_III_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Download (859kB)
7. BAB_IV_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB_V_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Download (475kB)
9. Daftar Isi_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Download (528kB)
10. Lampiran_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
11. Artikel_240029_20416286206078_Wafa Ummul Juhwa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (702kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Lectora Inspire terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V di Mi Al - Istianah Kec. Telagasari. Penelitian menggunakan desain eksperimen semi dengan subjek penelitian berjumlah 40 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelompok diajarkan materi bangun datar menggunakan metode eksperimen, bedanya kelas eksperimen menggunakan media Lectora Inspire sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media. Ujian kemampuan numerasi diberikan pada akhir penelitian untuk mengukur pengaruh penggunaan media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Lectora Inspire terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas V Mi Al - Istianah Kec. Telagasari berdasarkan nilai nilai t pada kelas ekperimen adalah -25.342 sedangkan pada kelas control nilai t yang diperoleh adalah -14.291 lebih kecil dari nilai t – tabel senilai 1.734 serta nilai signifikansi 2-tailed 0.001 < 0.05 maka HO ditolak dan Ha diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan media Lectora
Inspire efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas V.
Kata kunci : Kemampuan Numerasi, Bangun Datar, Media Lectora Inspire
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4553 |
