Siska, Mutiara (2024) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS (Studi Eksperimen di Kelas V SDN Wancimekar 2 Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Download (288kB)
2. File Abstrak_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Download (49kB)
3. Daftar Isi_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Download (156kB)
4. BAB_I_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Download (206kB)
5. BAB_II_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
6. BAB_III_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Download (659kB)
7. BAB_IV_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
8. BAB_V_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Download (43kB)
9. Daftar Pustaka_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Download (265kB)
10. Lampiran_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
11. Artikel_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Restricted to Registered users only
Download (688kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar pada pembelajaran tatap muka dilaksanakan di SDN Wanci Mekar II Desa Wanci Mekar Kecamatan Kotabaru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Maret 2024 sampai dengan bulan Agustus 2024. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SDN Wanci Mekar II yang berjumlah 66 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan rumus paired sampel T-test pada software SPSS versi 24.0 for windows di peroleh nilai sig (2-tailed) untuk soal yaitu 10.02. karena nilai signifikan 10.02 <
0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN Wanci Mekar II. Dengan demikian diperlukan variasi model pembelaran dan Latihan soal-soal dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci: Project Based Learning, Berpikir Kritis, Siswa Sekolah Dasar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4551 |
