Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS (Studi Eksperimen di Kelas V SDN Wancimekar 2 Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2023/2024)

Siska, Mutiara (2024) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS (Studi Eksperimen di Kelas V SDN Wancimekar 2 Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
1. File Judul_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
2. File Abstrak_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
3. Daftar Isi_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
4. BAB_I_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
5. BAB_II_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
6. BAB_III_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
7. BAB_IV_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
8. BAB_V_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
10. Lampiran_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of 11. Artikel_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf] Text
11. Artikel_240027_20416286206082_Mutiara Siska.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar pada pembelajaran tatap muka dilaksanakan di SDN Wanci Mekar II Desa Wanci Mekar Kecamatan Kotabaru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Maret 2024 sampai dengan bulan Agustus 2024. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SDN Wanci Mekar II yang berjumlah 66 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan rumus paired sampel T-test pada software SPSS versi 24.0 for windows di peroleh nilai sig (2-tailed) untuk soal yaitu 10.02. karena nilai signifikan 10.02 <
0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN Wanci Mekar II. Dengan demikian diperlukan variasi model pembelaran dan Latihan soal-soal dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.

Kata Kunci: Project Based Learning, Berpikir Kritis, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:15
Last Modified: 22 Oct 2025 07:15
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item
View Item