Athiyyah, Lulu Aribah (2024) Analisis Kesulitan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas II SDN Cikampek Timur I Kecamatan Cikampek Karawang 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Download (759kB)
2. File Abstrak_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Download (469kB)
3. Daftar Isi_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Download (688kB)
4. BAB_I_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Download (451kB)
5. BAB_II_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (943kB)
6. BAB_III_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Download (497kB)
7. BAB_IV_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB_V_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Download (398kB)
9. Daftar Pustaka_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Download (417kB)
10. Lampiran_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240022_20416286206004_Lulu Aribah Athiyyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tantangan yang dihadapi siswa dalam menulis permulaan, identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis permulaan, dan mengetahui keterampilan menulis permulaan siswa pada Kelas 2 SDN Cikampek Timur I. Adapun jenis penelitian ini yakni kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui tes kemampuan menulis permulaan, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan menulis permulaan masih kesulitan dalam mengingat bentuk huruf, ukuran yang belum stabil jarak spasi yang belum stabil, penulisan huruf yang belum sesuai, dan menulis yang terlalu lama. Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menulis secara internal karena faktor memori yang terganggu, konsentrasi mudah teralihkan, kurangnya kesabaran. Sementara faktor eksternal yaitu kurang ketelatenan dari orang tua, kurang minat belajar menulis saat dirumah, kurang motivasi dan dukungan dari orang tua dan keluarga. Faktor dari sekolah, kurangnya media yang tepat untuk membantu siswa dalam mengingat huruf abjad serta metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Dari faktor-faktor tersebut harus bersama-sama dibenahi agar mampu meningkatkan daya tarik siswa dalam belajar, mengasah keterampilan, dan cepat memahami materi yang telah diberikan oleh guru di kelas sehingga tidak ada lagi siswa yang merasa kesulitan dalam menulis permulaan serta tertinggal oleh teman-temannya.
Kata kunci: Kesulitan Menulis, permulaan siswa sekolah dasar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4546 |
