Nurhaeni, Tiara Sari (2024) Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (Studi Korelasional Pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Download (976kB)
2. File Abstrak_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Download (37kB)
3. Daftar Isi_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Download (182kB)
4. BAB_I_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Download (148kB)
5. BAB_II_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
6. BAB_III_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Download (622kB)
7. BAB_IV_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
8. BAB_V_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Download (137kB)
9. Daftar Pustaka_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Download (288kB)
10. Lampiran_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
11. Artikel_240021_20416286206013_Tiara Sari Nurhaeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh murid kelas IV SDN se- gugus kecamatan rengasdengklok kabupaten karawang dengan jumlah siswa 1.011. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus isaac michael Dengan ukuran sampel 258 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa pilihan ganda untuk tes kemampuan membaca pemahaman dan uraian untuk kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar kelas IV se-gugus kecamatan rengasdengklok kabupaten karawang. Didapatkan hasil sebesar 0,849 berdasarkan pedoman nilai interpretasi korelasi berada pada rentang korelasi sangat tinggi. Dengan nilai R hitung sebesar 0,849 yang mana setelah dikonversikan ke dalam nilai R tabel dengan jumlah responden 258 maka diperoleh nilai sebesar 0,113.
Kata Kunci: berpikir kreatif, membaca pehamaman
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4545 |
