Rizal, Fahmi (2024) Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Meningkatkan Kecerdasan Ekologis Siswa Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Sukamerta II Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Download (219kB)
2. File Abstrak_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Download (47kB)
3. Daftar Isi_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Download (243kB)
4. BAB_I_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Download (187kB)
5. BAB_II_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
6. BAB_III_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Download (306kB)
7. BAB_IV_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
8. BAB_V_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Download (142kB)
9. Daftar Pustaka_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Download (267kB)
10. Lampiran_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240020_20416286206011_Fahmi Rizal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (423kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat dalam meningkatkan kecerdasan ekologis siswa sekolah dasar negeri sukamerta 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Guru merupakan salah satu sosok yang diteladani oleh para siswa, sehingga faktor pendorong dalam meningkatnya kecerdasan ekologis siswa adalah guru. Berdasarkan hasil angket, dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Dasar Negeri Sukamerta 2 yang melakukan perilaku hidup bersih dan sehat sebanyak 45 siswa (64,29%), sedangkan yang tidak melakukan perilaku hidup bersih dan sehat sebanyak 25 siswa (35,71%). Maka dapat disimpulkan bahwa perlu dilakukan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat bagi seluruh siswa dan termasuk kategori baik sehingga nilai kecerdasan ekologis siswa-siswi pada perilaku hidup bersih dan sehat dalam keadaan yang normal atau baik serta agar terciptanya lingkungan sekolah yang menjadi lebih baik dalam perilaku menjaga kebersihan dan kenyamanan dalam kegiatan belajar dan mengajar.
Kata Kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Kecerdasan Ekologis, Sekolah
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:14 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:14 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4544 |
