Jeni, Siti Susi (2024) Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar (Studi Korelasional pada Siswa Kelas V Se-Gugus II Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Download (947kB)
2. File Abstrak_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Download (568kB)
3. Daftar Isi_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Download (479kB)
4. BAB_I_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Download (531kB)
5. BAB_II_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB)
6. BAB_III_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Download (1MB)
7. BAB_IV_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (738kB)
8. BAB_V_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Download (465kB)
9. Daftar Pustaka_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Download (539kB)
10. Lampiran_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
11. Artikel_240012_20416286206079_Siti Susi Jeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (889kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SD Negeri Se-gugus II Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-gugus II yang berjumlah 263 siswa. Dengan mengambil sampel 65 siswa dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner Bullying dan Kepercayaan Diri. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic uji t, hasil dari uji t variabel X diketahui t hitung 11,650 dan t tabel (df = n-k = 65-2 = 63) sebesar 1,669. Sehingga diketahui t hitung> t tabel atau 11,650 > 1,669 dengan signifikan terhadap variabel y. Bullying dapat menyebabkan penurunan kepercayaan diri pada korban, mempengaruhi persepsi mereka terhadap kemampuan dan nilai diri sendiri. Hal ini dapat berdampak negatif pada aspek psikologis, emosional, dan sosial siswa. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan mengatasi bullying di sekolah dasar untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi semua siswa.
Kata Kunci: Bullying, Kepercayaan Diri
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:13 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:13 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4535 |
