Astuti, Vina Dwi (2024) Pengaruh Model Radec (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPAS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Pucung V Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Download (366kB)
2. File Abstrak_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Download (405kB)
3. Daftar Isi_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Download (586kB)
4. BAB _I_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Download (402kB)
5. BAB_II_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (950kB)
6. BAB_III_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Download (1MB)
7. BAB_IV_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (735kB)
8. BAB_V_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Download (296kB)
9. Daftar Pustaka_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Download (335kB)
10. Lampiran_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
11. Artikel_240008_20416286206086_Vina Dwi Astuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (752kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and create) terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan One Pre-test Post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Pucung V dengan sampel sebanyak 22 siswa kelas V yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian untuk menilai capaian belajar kognitif siswa dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pre-test di awal pembelajaran, dan post-test di akhir pembelajaran. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa meningkat sesudah memakai model RADEC pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi peta letak geografis Indonesia. Hasil uji t-test membuktikan jika penggunaan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) berdampak pada hasil belajar kognitif siswa kelas V di SDN Pucung V, ditandai dengan nilai rata-rata pre-test yang awalnya menunjukkan nilai 35.87, meningkat menjadi 92.70 setelah dilakukan post-test. Dapat disimpulkan bahwa model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V di SDN Pucung V.
Kata kunci: model RADEC, hasil belajar, IPAS
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:13 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:13 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4531 |
