Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Belendung III Tahun Pelajaran 2023/2024)

Oktavia, Windi (2024) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Belendung III Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
1. File Judul_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
2. File Abstrak_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
3. Daftar Isi_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
4. BAB_I_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
5. BAB_II_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
6. BAB_III_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
7. BAB_IV_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
8. BAB_V_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
10. Lampiran_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of 11. Artikel_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf] Text
11. Artikel_240003_20416286206055_Windi Oktavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis pre eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen tipe one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah jumlah keseluruhan dari siswa kelas V di SDN Belendung III yaitu 93 siswa pada tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu Teknik penentuan sampel dengan kriteria tertentu. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN Belendung III yang berjumlah 43 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes essay sebanyak 10 soal. Analisis hasil data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 24 didapatkan Selain itu, berdasarkan dari hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukan bahwa nilai t hitung 42.187 > t tabel,karena nilai t tabel 2.02 maka 42.187 > 2.02 artinya H0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar.

Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:12
Last Modified: 22 Oct 2025 07:12
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

View Item
View Item