Penggunaan Media Gambar Pada Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Nurmala, Siti (2019) Penggunaan Media Gambar Pada Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf] Text
1. File Judul_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf] Text
2. File Abstrak_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf] Text
4. BAB_I_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf] Text
5. BAB_II_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf] Text
6. BAB_III_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf] Text
7. BAB_IV_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf] Text
8. BAB_V_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_190055_15416286206081_Siti Nurmala.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar pada kemampuan bercerita siswa dan juga untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan bercerita dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Anggadita III. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Anggadita III dengan jumlah siswa 31 orang. Sementara itu sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 5 orang sampel yang terdiri dari kepala sekolah, guru kelas dan 3 orang siswa kelas III. dimana dari 3 orang siswa yang menjadi sampel 2 diantaranya adalah yang memiliki kemampuan bercerita dengan baik dan satu orang lainnya memiliki kemampuan bercerita kurang baik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara , tes serta dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa penggunaan media gambar memiliki pengaruh yang cukup besar pada kemampuan bercerita anak dimana dari 31 orang siswa hanya 5 orang yang memperoleh nilai di bawah 75 dimana rata-rata Nilai siswa yang diperoleh 79,45 sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat memberikan pengaruh yang baik dan cukup berpengaruh pada kemampuan bercerita siswa.

Kata Kunci : Media gambar, Kemampuan bercerita, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 11 Dec 2024 07:42
Last Modified: 11 Dec 2024 07:42
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item
View Item