Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Bojongsari 04 Tahun Pelajaran 2020/2021)

Laelasari, Anisah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Bojongsari 04 Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
1. File Judul_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
2. File Abstrak_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
3. Daftar Isi_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4. Bab I_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
4. Bab I_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 5. Bab II_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
5. Bab II_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of 6. Bab III_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
6. Bab III_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 7. Bab IV_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
7. Bab IV_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[thumbnail of 8. Bab V_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
8. Bab V_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf] Text
10. Lampiran_210087_16416286206055_Anisah Laelasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap pemahaman konsep IPA di Sekolah Dasar. Populasi yang digunakan siswa kelas IV SDN Bojongsari 04, beralamat di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi berjumlah 15 siswa. Desain dalam penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest, yaitu siswa kelas IV terlebih dulu diberikan tes awal selanjutnya diberikan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan instrumen soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Tes pertama (pretest) akan dilakukan kepada kelompok eksperimen sebelum diberi perlakuan, selanjutnya tes kedua (posttest) akan diberikan setelah siswa diberi perlakuan kepada kelompok eksperimen yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Setelah dilakukan penelitian maka siswa yang diberikan perlakuan memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belum diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai tertinggi posttest yang diperoleh siswa setelah diberi perlakuan dengan model Children Learning In Science (CLIS) yaitu 93, sedangkan nilai tertinggi pretest sebelum diberi perlakuan yaitu 50. Maka, rata-rata (mean) nilai yang diperoleh siswa setelah diberi perlakuan yaitu 84,07 sedangkan rata-rata (mean) nilai yang diperoleh sebelum diberi perlakuan yaitu 40,67. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) < 0,005 yaitu sig = 0,000 < 0,005. Kemudian dari proses perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 27,329 > 1,1771 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian pemahaman konsep

IPA siswa setelah diberikan perlakuan lebih baik daripada pemahaman konsep IPA siswa sebelum diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut, bahwa model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) lebih baik digunakan dalam pembelajaran pada siswa dan terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV SDN Bojongsari 04.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Children Learning In Science, Pemahaman Konsep IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 09 May 2025 08:22
Last Modified: 09 May 2025 08:22
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item
View Item