Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Melalui Media Drinking Straws And Number Bag Kelas II Sekolah Dasar (Penelitian Deskriptif Pada Siswa Kelas II Desa Cibalongsari Kecamatan Klari Tahun Pelajaran 2020/2021)

Nurfadhilah, Nisa Apriliani (2020) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Melalui Media Drinking Straws And Number Bag Kelas II Sekolah Dasar (Penelitian Deskriptif Pada Siswa Kelas II Desa Cibalongsari Kecamatan Klari Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
1. FILE JUDUL_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
2. ABSTRAK_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
4. BAB_I_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
5. BAB_II_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
6. BAB_III_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
7. BAB_IV_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
8. BAB_V_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf] Text
10. Lampiran_200062_16416286206010_Nisa Apriliani Nurfadhilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung siswa kelas II sekolah dasar melalui media drinking straws and number bag dan mendeskripsikan dampak penggunaan media drinking straws and number bag terhadap kemampuan pemahaman konsep operasi hitung siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 5 orang siswa. Hasil penelitian indikator tentang menyatakan ulang konsep persentase ketuntasannya 86,67%. Indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, persentase ketuntasannya 86,67%. Indikator memberi contoh dan bukan contoh memiliki persentase ketuntasan 73,33%. Indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis memiliki ketuntasan 86,67%. Indikator mengembangkan syarat perlu dari suatu konsep memiliki ketutasan 73,33%. Indikator menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu dengan memiliki ketuntasan 80,00%. Dan indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah memiliki ketuntasan 46,67%. Dalam hal ini media pembelajaran memiliki dampak positif terhadap kemampuan pemahaman konsep operasi hitung kelas II sekolah dasar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media drinking straws and number bag dapat berdampak pada kemampuan pemahaman siswa kelas II sekolah dasar.

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 09 May 2025 03:19
Last Modified: 09 May 2025 03:19
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item
View Item