Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Safitri, Eka (2019) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf] Text
1. File Judul_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of 2. abstrak_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf] Text
2. abstrak_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of 4. BAB_ I_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf] Text
4. BAB_ I_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf] Text
5. BAB_II_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf] Text
6. BAB_III_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf] Text
7. BAB_IV_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of 8. BAB_ V_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf] Text
8. BAB_ V_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_190046_15416286206006_Eka Safitri.pdf

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model cooperative learning tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Margasari II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Margasari II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Peneliti mengambil sampel sebagian dari anggota populasi maka didapat sampel 58 orang siswa dengan jumlah siswa kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data melalui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan Test Of Homogenity Of Variance. Hasil dinyatakan valid 20 dari 40 butir instrumen yang diujicobakan. Perolehan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76,72 sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,69. Hasil dari uji reabilitas diperoleh nilai sebesar 0,806. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara model cooperative learning tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini diperoleh rhitung 0,806 ≥ r tabel 0,355 dengan signifikansi 0,05 dan n= 58 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe think pair share (TPS) dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA memiliki pengaruh yang signifikan.

Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe TPS, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 10 Dec 2024 06:01
Last Modified: 10 Dec 2024 06:01
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item
View Item