Trisindo, Hanna Mutia (2023) Analisis Perkembangan Emosional Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Judul_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 1. Judul_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Judul_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Download (603kB)
![2. Abstrak_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Download (142kB)
![3. Daftar Isi_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Download (154kB)
![4. BAB_I_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Download (243kB)
![5. BAB_II_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
![6. BAB_III_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Download (241kB)
![7. BAB_IV_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
![8. BAB_V_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Download (164kB)
![9. Daftar Pustaka_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Download (283kB)
![11. Lampiran_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230098_16416286206146_Hanna Mutia Trisindo.pdf
Restricted to Registered users only
Download (904kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan emosional peserta didik selama pembelajaran daring, 2) Untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi perkembangan emosional peserta didik selama pembelajaran daring. Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah wali kelas, 4 orang tua peserta didik dan 27 peserta didik kelas IV SD Negeri Karangasem 1 Surakarta dengan pengambilan data melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) selama masa pembelajaran daring, peserta didik masih belum mampu mengelola emosinya dengan baik dan kesulitan dalam menangani masalahnya sendiri serta sulit berkonsentrasi dalam kegiatan belajar. Peserta didik merasa malas dan menunda-nunda pekerjaan rumahnya, tetapi mereka tetap mengumpulkan tugas tepat waktu meskipun dibantu oleh orang tua ataupun saudara dalam pengerjaannya. 2) faktor yang mempengaruhi perkembangan emosional peserta didik yaitu faktor individu, konflik dan lingkungan.
3) kondisi pembelajaran luring, perserta didik masih harus adaptasi sehingga pendidik perlu memotivasi dan memberikan stimulasi sehingga peserta didik merasa nyaman.
Kata Kunci : Perkembangan Emosional, Covid-19, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:59 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:59 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3846 |