Efektivitas Penggunaan Media Grafis Pada Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pasirmukti Tahun Pelajaran 2022/2023)

Triniasih, Triniasih (2023) Efektivitas Penggunaan Media Grafis Pada Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pasirmukti Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File judul_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
1. File judul_230097_19416286206006_Triniasih.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
2. File Abstrak_230097_19416286206006_Triniasih.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
3. Daftar Isi_230097_19416286206006_Triniasih.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
4. BAB_I_230097_19416286206006_Triniasih.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
5. BAB_II_230097_19416286206006_Triniasih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
6. BAB_III_230097_19416286206006_Triniasih.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
7. BAB IV_230097_19416286206006_Triniasih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of 8. BAB V_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
8. BAB V_230097_19416286206006_Triniasih.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_230097_19416286206006_Triniasih.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 11. Lampiran_230097_19416286206006_Triniasih.pdf] Text
11. Lampiran_230097_19416286206006_Triniasih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dalam mempelajari IPA, siswa terkadang mengalami kesulitan karena pembelajaran ini membutuhkan pemahaman terhadap materi yang akan diberikan.Dari keterangan tersebut dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajan, apalagi jika guru hanya menggunakan metode ceramah saat memberikan materi pelajaran.Seringkali siswa merasa bosan saat proses belajar karena siswa hanya duduk, diam, mencatat, dan mendengarkan guru menjelaskan materi pelajaran. Siswa tidak termotivasi untuk memahami materi karena pembelajaran hanya bersifat satu arah saja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah sehingga penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati. Metode tersebut sesuai untuk menguraikan pengaruh media grafis dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar. Adapun subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Pasirmukti, Telagasari tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 37 siswa. Semua siswa mengikuti kegiatan pembelajaran IPA. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa penerapan media grafis pada pembelajaran IPA dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu analisis indikator pembelajaran, memilih media sesuai dengan indikator, menerapkan media grafis dalam pembelajaran. Dari analisis data wawancara hal ini menunjukan hasil bahwa penggunaan media grafis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat membantu mempermudah pemahaman materi serta mempengaruhi psikologi siswa. Adapun kendala yang dialami dalam penggunaan media grafis ini yaitu tidak dapat menjangkau materi yang lebih banyak karena hanya menekankan penglihatan saja

Kata Kunci : Penggunaan Media grafis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:59
Last Modified: 19 Mar 2025 07:59
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3845

Actions (login required)

View Item
View Item