Pengaruh Penerapan Metode Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas 1 SD negeri jatimulya III Tahun Pembelajaran 2022/2023)

Solihat, Siti (2023) Pengaruh Penerapan Metode Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas 1 SD negeri jatimulya III Tahun Pembelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 01 JUDUL_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
01 JUDUL_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of 02 ABSTARAK_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
02 ABSTARAK_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 03 DAFTAR ISI_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
03 DAFTAR ISI_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 04 BAB I_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
04 BAB I_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 05 BAB II_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
05 BAB II_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of 06 BAB III_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
06 BAB III_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 07 BAB IV_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
07 BAB IV_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of 08 BAB V_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
08 BAB V_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 09 DAFTRA PUSTAKA_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
09 DAFTRA PUSTAKA_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 11 LAMPIRAN_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf] Text
11 LAMPIRAN_230078_18416286206096_Siti Solihat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak Sekolah Dasar. Subjek peneltian ini berupa siswa kelas 1 SD Negeri Jatimulya III Tahun Pembelajaran
2021/2022 terbagi menjadi 30 kelas eksperimen dan 30 kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan perlakukan pretest dan posttest terhadap kelas control dan kelas eksperimen. Analisis data menggunkan t independen sampel test. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dilihat dari nilai t hitung di dapatkan nilai sebesar 2, 5466 dengan nilai t tabel ( df = n-k, 30-2=28) yaitu 1,7011, sehingga di dapatkan bahwa nilai t hitung > t tabel ( 2,466 > 1,7011) artinya bahwa penerapan metode fonik berpengaruh signifikan terhadap membaca permulaan siswa. Dapat di simpulkan bahwa penerapan metode fonik pada siswa kelas 1 SD Negeri Jatimulya III dapat membantu siswa dalam memabaca permulaan. Di harapkan untuk guru dapat menerapkan metode membaca yang efektik seperti metode fonik untuk mempercepat siswa dalam permulaan membaca.

Kata Kunci: Metode Fonik, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:47
Last Modified: 19 Mar 2025 07:47
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item
View Item