Kartini, Aprilia (2023) Pengaruh Metode Quiz Team terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kondangjaya III Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01 FILE COVER_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 01 FILE COVER_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01 FILE COVER_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Download (680kB)
![02 FILE ABSTRAK_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 02 FILE ABSTRAK_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 FILE ABSTRAK_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Download (168kB)
![03 DAFTAR ISI_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 03 DAFTAR ISI_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 DAFTAR ISI_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Download (180kB)
![04 BAB I_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 04 BAB I_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 BAB I_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Download (249kB)
![05 BAB II_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 05 BAB II_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 BAB II_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
![06 BAB III_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 06 BAB III_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 BAB III_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Download (378kB)
![07 BAB IV_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 07 BAB IV_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07 BAB IV_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB)
![08 BAB V_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 08 BAB V_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08 BAB V_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Download (142kB)
![09 DAFTAR PUSTAKA_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 09 DAFTAR PUSTAKA_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09 DAFTAR PUSTAKA_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Download (330kB)
![11 LAMPIRAN_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf [thumbnail of 11 LAMPIRAN_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11 LAMPIRAN_230047_19416286206034_Aprilia Kartini.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quiz team terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Kondangjaya III. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kondangjaya III, dengan mengambil sampel menggunakan simple random sampling maka didapat sampel berjumlah 66 siswa yang terdiri dari dua kelas V C berjumlah 33 siswa yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan V D berjumlah 33 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes sebanyak 25 soal pada mata pelajaran IPAS. Teknik analisis data untuk menguji validitas soal dengan menggunakan perhitungan point biserial dan untuk menguji hipotesis menggunakan perhitungan Uji-T (Independent Sample T-Test). Hasil uji validitas butir soal hasil belajar IPAS diperoleh 20 butir soal instrumen dinyatakan validdari 25 butir soal yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,598. Hasil pengujian hipotesis perbedaan dua arah rata-rata mendapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga nilai sig (2-tailed) < 0,005, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode quiz team terhadap hasil belajar IPAS.
Kata Kunci: Metode Quiz Team, Hasil Belajar IPAS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:50 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:50 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3793 |