Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Karawang Kulon II Tahun Pelajaran 2022/2023)

Dhika, Raihan (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Karawang Kulon II Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
1. FILE JUDUL_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4. BAB_1_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
4. BAB_1_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 5. BAB_2_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
5. BAB_2_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of 6. BAB_3_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
6. BAB_3_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 7. BAB_4_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
7. BAB_4_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of 8. BAB_5_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
8. BAB_5_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf] Text
11. LAMPIRAN_230044_19416286206079_Raihan Dhika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Karawang Kulon II. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment design. Jumlah populasi murid kelas V SDN Karawang Kulon II berjumlah 215 murid dan untuk sampel adalah 32 murid dengan 15 laki-laki dan 17 perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari uji validitas tes hasil belajar IPS diperoleh 12 butir soal yang dinyatakan valid dari 20 butir soal yang di uji cobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,455. Hasil pengujian hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, dimana diperoleh sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas V SDN Karawang Kulon II, menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Value Clarification Technique terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karawang Kulon II.

Kata Kunci: VCT, Hasil Belajar, Kuantitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:49
Last Modified: 17 Mar 2025 04:49
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item
View Item