Pengaruh Metode Jari Magic (Jarimatika) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SD (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Duren 1 Karawang Timur Tahun Ajaran 2022/2023)

Bancin, Lina Karina (2023) Pengaruh Metode Jari Magic (Jarimatika) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SD (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Duren 1 Karawang Timur Tahun Ajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. Judul_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
1. Judul_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 2.Abstrak_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
2.Abstrak_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 3.Daftar Isi_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
3.Daftar Isi_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4. BAB I_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
4. BAB I_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 5. BAB II_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
5. BAB II_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of 6. BAB III_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
6. BAB III_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
7. BAB IV_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of 8. BAB V_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
8. BAB V_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 9.Daftar Pustaka_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
9.Daftar Pustaka_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 11.Lampiran_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf] Text
11.Lampiran_230038_19416286206056_Lina Karina Bancin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan menghitung perkalian dengan cepat menggunakan jarimatika pada siswa kelas IV SDN Duren 1 Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Penelitianin ini menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk meneliti populasi atau sempel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic, dengan tujuan unntuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitianin ini menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk meneliti populasi atau sempel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic, dengan tujuan unntuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Jenis peneliitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental design dengan one-grup pretest posttest design. Pemilihan one-grup pretes posttest design dilakukan untuk meminimalisir hasil penelitian yang bias. Populasi sasaran adalah populasi yang tujuan penerapan hasil penelitian kami. Dalam penelitian ini populasi terdiri dari siswa kelas IV, Sampel penelitian ini dilakukan pada peserta didik di kelas 2IV SDN Duren 1 berjumlah sebanyak 57 peserta didik, dimana kelas IVB berjumlah 29 peserta yang sebagai kelas kontrol. Pembelajaran perkalian dapat menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi siswa dengan metode Jari Magic. Metode ini menawarkan pengalaman belajar yang berbeda dan membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang perkalian. Oleh karena itu, menggunakan metode Jari Magic adalah langkah inovatif dan efektif dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Jarimatika, Matematika, Model Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:47
Last Modified: 17 Mar 2025 04:47
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item
View Item