Yulianingsih, Nabila Framesti Anita (2023) Kemampuan Numerasi Ditinjau Dari Perspekif Gender Dengan Metode Problem Base Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pancawati II Desa Pancawati Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 1. File Judul_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Download (378kB)
![2. Abstrak_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Download (240kB)
![3. Daftar Isi_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Download (172kB)
![4. Bab_I_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 4. Bab_I_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. Bab_I_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Download (285kB)
![5. Bab_II_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 5. Bab_II_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. Bab_II_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Restricted to Registered users only
Download (349kB)
![6. Bab_III_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 6. Bab_III_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. Bab_III_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Download (384kB)
![7. Bab_IV_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 7. Bab_IV_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. Bab_IV_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Restricted to Registered users only
Download (926kB)
![8. Bab_V_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 8. Bab_V_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. Bab_V_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Download (189kB)
![9. Daftar Pustaka_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Download (279kB)
![11. Lampiran_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230024_19416286206035_Nabila Framesti Anita Yulianingsih.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem base learning terhadap kemampuan numerasi ditinjau dari perspektif gender kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen menggunakan desain SSR (Single Subject Research). Subjek penelitian ini yaitu 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas V di SDN Pancawati II. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan numerasi. Terdapat dua tahapan dalam analisis pada penelitian ini yaitu analisis dalam kondisi dan analisis luar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode problem base learning dapat mempengaruhi kemampuan numerasi ditinjau dari perspektif gender. Hal ini dibuktikan melalui hasil perhitungan baseline 1 (A1) dan baseline 2 (A2) siswa laki – laki dan perempuan. Nilai siswa laki – laki baseline 2 (A2) yaitu 90 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai baseline 1 (A1) yaitu 45. Begitupun hasil nilai siswa perempuan baseline 2 (A2) yaitu 75 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai baseline 1 (A1) yaitu 50.
Kata Kunci: Problem Base Learning, Kemampuan Numerasi, Perspektif Gender
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:33 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:33 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3772 |