Kania, Richa (2023) Analisis Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Wanajaya III Telukjambe Barat Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01 File Judul_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 01 File Judul_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01 File Judul_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Download (455kB)
![02 File Abstrak_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 02 File Abstrak_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 File Abstrak_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Download (149kB)
![03 Daftar Isi_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 03 Daftar Isi_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 Daftar Isi_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Download (153kB)
![04 Bab I_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 04 Bab I_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 Bab I_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Download (271kB)
![05 Bab II_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 05 Bab II_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 Bab II_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
![06 Bab III_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 06 Bab III_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 Bab III_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Download (241kB)
![07 Bab IV_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 07 Bab IV_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07 Bab IV_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB)
![08 Bab V_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 08 Bab V_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08 Bab V_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Download (172kB)
![09 Daftar Pustaka_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 09 Daftar Pustaka_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09 Daftar Pustaka_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Download (296kB)
![11 lampiran_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf [thumbnail of 11 lampiran_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11 lampiran_230008_19416286206088_Richa Kania.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan literasi matematis dalam menyelesaikan soal bangun datar sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Siswa kelas IV dipilih sebagai subjek berdasarkan kelompok siswa yang literasi matematis tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes literasi matematis pada materi bangun dasar yaitu persegi, persegi panjang dan segitiga. Kategori diambil berdasarkan hasil pengerjaan soal tes siswa yang disesuaikan dengan indikator literasi matematis. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi matematis dari 10 siswa di kelas IV berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa secara keseluruhan terdapat 1 siswa berkemampuan tinggi dengan presentase 10% dan 2 siswa berkemampuan sedang dengan presentase
20% dapat memenuhi indikator mampu mengidentifikasi masalah, indikator membuat rencana penyelesaian, indikator menyelesaikan permasalahan dan menyimpulkan. Sedangkan berkemampuan rendah terdapat 7 siswa dengan presentase 70% tidak memenuhi indikator mampu mengidentifikasi masalah, indikator membuat rencana penyelesaian, indikator menyelesaikan permasalahan dan menyimpulkan.
Kata kunci: Matematika, Literasi Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:07 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:07 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3756 |