Ananda, Widia (2023) Analisis Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Self-Efficacy (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SD Islam Al-Furqon Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. File Judul_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 01. File Judul_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. File Judul_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Download (263kB)
![02. File Abstrak_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 02. File Abstrak_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. File Abstrak_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Download (161kB)
![03. DAFTAR ISI_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 03. DAFTAR ISI_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. DAFTAR ISI_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Download (232kB)
![04. BAB I_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 04. BAB I_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. BAB I_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Download (236kB)
![05. BAB II_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 05. BAB II_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. BAB II_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
![06. BAB III_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 06. BAB III_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. BAB III_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Download (274kB)
![07. BAB IV_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 07. BAB IV_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. BAB IV_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
![08. BAB V_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 08. BAB V_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. BAB V_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Download (163kB)
![09. Daftar Pustaka_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 09. Daftar Pustaka_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. Daftar Pustaka_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Download (286kB)
![11. Lampiran_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230003_19416286206013_Widia Ananda.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis numerasi siswa sekolah dasar ditinjau dari self-efficacy. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah 19 orang siswa kelas IV SD Islam Al-Furqon. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan siswa diketahui bahwa hasil rata-rata numerasi siswa berada pada kategori sedang dan self-efficacy siswa berada pada kategori yang cukup tinggi. Sehingga ini membuktikan bahwa semakin tinggi self-efficacy siswa, maka akan semakin baik juga numerasinya. Hal ini karena self-efficacy dapat membantu siswa untuk terus berusaha semaksimal mungkin ketika mengahadapi kesulitan. Selain itu, tinggi rendahnya numerasi siswa juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti siswa kurang memahami isi soal cerita meski memahami materinya, siswa kurang teliti ketika melakukan operasi hitung, siswa kurang terbiasa mengerjakan soal dalam bentuk cerita, dan siswa lebih memilih mencontek kepada teman terdekatnya ketika menemukan soal yang tidak dimengerti.
Kata Kunci : Numerasi, Self-Efficacy, Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:04 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:04 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3751 |