Analisis Proses Pembelajaran Daring di SDN Karang Patri 02 Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Proses Pembelajaran di SDN Karang Patri 02 Semester Gasal Tahun pelajaran 2020/2021)

Nurfadilah, Siti Ramadaniah (2023) Analisis Proses Pembelajaran Daring di SDN Karang Patri 02 Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Proses Pembelajaran di SDN Karang Patri 02 Semester Gasal Tahun pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
1. File Judul_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf

Download (861kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
2. ABSTRAK_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4. BAB I_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
4. BAB I_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 5. BAB II_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
5. BAB II_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of 6. BAB III_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
6. BAB III_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
7. BAB IV_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of 8. BAB V_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
8. BAB V_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf] Text
11. LAMPIRAN_230001_16416286206123_Siti Ramadaniah Nurfadilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di SDN Karang Patri 02 Kecamatan Pebayuran tepatnya pada kelas V. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian fenomenologi, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran daring, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SDN Karang Patri 02 Kecamatan Pebayuran tepatnya pada kelas V sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran daring, COVID-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:03
Last Modified: 17 Mar 2025 04:03
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item
View Item