Pengaruh Pembelajaran PPKN Terhadap Aspek Afektif Siswa SMK PGRI Jatisari

Inriyani, Inriyani (2023) Pengaruh Pembelajaran PPKN Terhadap Aspek Afektif Siswa SMK PGRI Jatisari. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1.Judul_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
1.Judul_230010_17416287205055_Inriyani.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
2. Abstrak_230010_17416287205055_Inriyani.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
3. Daftar Isi_230010_17416287205055_Inriyani.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of 4. BAB I_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
4. BAB I_230010_17416287205055_Inriyani.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of 5. BAB II_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
5. BAB II_230010_17416287205055_Inriyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 6.BAB III_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
6.BAB III_230010_17416287205055_Inriyani.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7. BAB IV_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
7. BAB IV_230010_17416287205055_Inriyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 8. BAB V_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
8. BAB V_230010_17416287205055_Inriyani.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_230010_17416287205055_Inriyani.pdf

Download (792kB)
[thumbnail of 11. Lampiran_230010_17416287205055_Inriyani.pdf] Text
11. Lampiran_230010_17416287205055_Inriyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran PPKn bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang berintelektual tinggi, memiliki wawasan kewarganegaraan yang luas dan menjunjung tinggi rasa tanggung jawab. Aspek afektif berkaitan erat dengan penilaian dan sikap siswa sehingga aspek afektif dapat meningkatkan karakter siswa menjadi lebih baik. Aspek afektif belum dijadikan sebagai penilaian utama siswa padahal aspek afektif memiliki peran penting dalam menunjang proses belajar. Penelitian ini menerapkan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang akan digunakan untuk menganalisis dua variabel yaitu pembelajaran PPKn sebagai variabel bebas (X) dan aspek afektif siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi pada penelitian ini sebanyak 351 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII SMK PGRI Jatisari. Sampel diambil sebanyak 20% yaitu 70 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Kemudian, data diolah menggunakan SPSS (statistical program for social science yang selanjutnya dianalisis dengan melalui analisis regresi sederhana dan uji t. Pada hasil uji t diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa variabel X yaitu pembelajaran PPKn memiliki pengaruh terhadap variabel Y yaitu aspek afektif siswa. Kemudian didukung dengan hasil analisis determinasi (Model Summary) yaitu sebesar 0,534. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari pembelajaran PPKn terhadap aspek afektif siswa di SMK PGRI Jatisari.

Kata Kunci: Pendidikan, Pembelajaran PPKn, Aspek Afektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:58
Last Modified: 17 Mar 2025 03:58
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3743

Actions (login required)

View Item
View Item