Sulastri, Imas (2019) Hubungan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Gugus I Kecamatan Karawang Timur. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File judul_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf [thumbnail of 1. File judul_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File judul_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf
Download (729kB)
![2. File Abstrak_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf
Download (622kB)
![4. BAB_ I_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf [thumbnail of 4. BAB_ I_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_ I_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf
Download (601kB)
![5. BAB_ II_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf [thumbnail of 5. BAB_ II_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_ II_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB)
![6. BAB_ III_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf [thumbnail of 6. BAB_ III_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_ III_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf
Download (710kB)
![7. BAB_ IV_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf [thumbnail of 7. BAB_ IV_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_ IV_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (704kB)
![8. BAB V_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf [thumbnail of 8. BAB V_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf
Download (576kB)
![9. Daftar Pustaka_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_190042_15416286206107_Imas Sulastri.pdf
Download (586kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca nyaring dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Gugus I Kecamatan Karawang Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas III SDN Karawang Wetan III, SDN Karawang Wetan V dan SDN Adiarsa Timur I yang berjumlah 75 siswa dari tiga sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk rubrik kemampuan membaca nyaring, dan untuk hasil belajar mengguanakan tes pilihan ganda. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca nyaring siswa masuk kedalam kategori baik dengan presentase 50,7% , sedangkan hasil belajar siswa termasuk kedalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 77,2. Berdasarkan uji korelasi menggunakan uji T, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca nyaring dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Gugus I Kecamatan Karawang Timur dengan t hitung sebesar 6,746 > t tabel 1,992 dengan signifikansi 0,05 dan n = 75 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca nyaring dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa memiliki hubungan yang kuat.
Kata kunci: Membaca nyaring, hasil belajar, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 02:38 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 02:38 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/371 |