Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Berbicara

Permatasari, Eva Indah (2019) Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Berbicara. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf] Text
1. File Judul_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf] Text
2. File Abstrak_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 4. BAB_I-190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf] Text
4. BAB_I-190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf] Text
5. BAB_II_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf] Text
6. BAB_III_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf] Text
7. BAB_IV_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf] Text
8. BAB_V_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_190041_15416286206099_Eva Indah Permatasari.pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik penelitian korelasi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah design One Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se-gugus 04 Kecamatan Karawang Timur tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling yaitu pengambilan sample secara acak dan yang terpilih adalah kelas V SDN Tegalsawah I Kecamatan Karawang Timur dengan jumlah siswa sebanyak 112 siswa. Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Momentdan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha, masing-masing berbantuan SPSS 20. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product Moment Pearson berbantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan dengan kemampuan berbicara, yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,708, sedangkan rtabel dengan jumlah N= 112 pada taraf signifikan 5% adalah 0,185, sehingga rhitung > rtabel (0,708 > 0,185). Dapat disimpulkan bahwa antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah hendaknya guru lebih mengenalkan berbagai kosakata bahasa Indonesia pada siswa, sehingga penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa menjadi meningkat yang kemudian dapat mempermudah siswa dalam memilih kata yang akan diucapkan.
Kata Kunci : Penguasaan kosakata, kemampuan berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:39
Last Modified: 10 Dec 2024 02:39
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item
View Item