Pengaruh Materialisme Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Pada Konsumen Belanja Online di Karawang

Hamidah, Sri (2023) Pengaruh Materialisme Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Pada Konsumen Belanja Online di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 01. JUDUL_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
01. JUDUL_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of 02. ABSTRAK_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
02. ABSTRAK_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 03. DAFTAR ISI_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
03. DAFTAR ISI_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of 04. BAB I_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
04. BAB I_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of 05. BAB II_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
05. BAB II_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06. BAB III_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
06. BAB III_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 07. BAB IV_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
07. BAB IV_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 08. BAB V_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
08. BAB V_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 09. DAFTAR PUSTAKA_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
09. DAFTAR PUSTAKA_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf] Text
11. LAMPIRAN_230028_19416273201183_Sri Hamidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat mempengaruhi aktivitas kehidupan khususnya perilaku konsumen. Dengan teknologi yang semakin berkembang konsumen tidak hanya dapat berbelanja di shopping mall atau toko-toko saja melainkan juga pada situs belanja online yang tersedia. Hal tersebut semakin mempermudah masyarakat dalam aktivitas belanja, dan dengan berbagai kemudahan tersebut, dapat memicu aktivitas belanja yang berlebih, berulang serta mengalami kesulitan dalam hal keuangan karena perilaku pembelian yang kompulsif. Salah satu faktor terjadinya perilaku pembelian kompulsif adalah materialisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik sampel kuota. Populasi dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui secara pasti sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Lemeshow dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan dua skala psikologi yaitu Material Value Scale (MVS) dari Richins dan Dawson (dalam Wardani dan Sumaryanti, 2019) yang berjumlah 18 aitem dan compulsive buying behavior scale dari Edward (dalam Felicia., 2020) yang berjumlah 13 aitem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh materialisme terhadap perilaku pembelian kompulsif pada konsumen belanja online di Karawang. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 (sig. < 0,05) yang artinya ada pengaruh materialisme terhadap perilaku pembelian kompulsif pada konsumen belanja online di Karawang. Adapun pengaruh yang disumbangkan oleh variabel materialisme terhadap perilaku pembelian kompulsif yaitu sebesar 14,7% dan 85,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata kunci : Materialisme, Perilaku Pembelian Kompulsif, Konsumen Belanja Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:00
Last Modified: 17 Mar 2025 03:00
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3687

Actions (login required)

View Item
View Item