Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS

Putri, Ismayanti (2019) Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf] Text
1. File Judul_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf] Text
2. File Abstrak_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf] Text
4. BAB_I_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf] Text
5. BAB_II_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf] Text
6. BAB_III_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf] Text
7. BAB_IV_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf] Text
8. BAB_V_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_190032_15416286206144_Ismayanti Putri.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS dengan metode cooperative learning tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Wadas II Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah kelas V C sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan VB sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Data diperoleh melalui tes. Data dianalisis dengan Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai posttest hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen yaitu 68,65 lebih tinggi dari nilai posttest kemampuan kognitif siswa pada kelas kontrol yaitu 45,9. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t yakni uji paired sampel T test dan diperoleh pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai probabilitas (signifikansi) adalah 0.00. Karena nilai signifikansi, maka Ho di tolak. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe snowball throwing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wadas II.

Kata Kunci: Snowball Throwing, hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:20
Last Modified: 09 Dec 2024 08:20
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item
View Item